MOTIVASI HIDUP

Sukses adalah impian setiap orang, banyak cara yang dilakukan orang untuk meraihnya, yaitu motivasi. Motivasi dapat menumbuhkan rasa kedisiplinan, percaya diri, keuletan dan lain-lain. Motivasi adalah gabungan dari keinginan dan energi dalam mencapai suatu tujuan. Dengan keinginan kita akan tau kemanakah kita pergi, dengan energi orang akan dapat menggerakan apa yang ada padanya untuk mencapai keinginan itu. Motivasi seperti oksigen dalam kehidupan. Sangat berperan penting jika ingin menjadi sukses.

Prinsip motivasi

* Motivasi berproses secara tiba-tiba
* Motivasi adalah proses sosial, sehingga membutuhkan faktor external
* Motivasi merupakan proses psikologis dengan membangkitkan emosional.
* Motivasi bersifat individu sehingga motivasi setiap orang berbeda karena berbeda tujuan kesuksesan.

Sumber motivasi :

* Motivasi internal yaitu motivasi dalam diri sendiri, dari perasaan dan pikiran diri sendiri. Ini sangatlah penting agar kita selalu berbuat yang baik dan terkontrol.
* Motivasi eksternal yaitu motivasi dari luar. Seperti halnya dari keluarga dan orang di sekitar kita.

Tips motivasi secara internal :

1. Ciptakan Imbalan. Kalau saya bisa berhasil saya akan mendapatkan mobil.
2. Ambil langkah kecil. Terkadang untuk mendapatkan motivasi kita perlu melakukan hal dari yang terkecil.
3. Ciptakan kesusahaan. Ini kebalikan dari A, apabila saya gagal tidak ada harapan lagi untuk mencapai tujuan tersebut.
4. Susun rencana dan langkah-langkahnya. Dengan memiliki rencana, anda seakan-akan punya alur menuju tujuan.

Motivasi terkadang disebabkan oleh mendesaknya kebutuhaan, motivasi juga dipengaruhi oleh adanya anggapan tindakan akan terpenuhinya suatu kebutuhan.

Di dalam motivasi kita harus selalu berpikir positif, janganlah kita berpikir untuk menjatuhkan orang dengan cara meremehkan orang itu muka umum, melihat rendah orang itu, dan tidak memperdulikan hal kecil. Karena apabila kita melakukan hal tersebut, kesuksesan yang kita raih akan gagal dan bisa sebaliknya orang yang kita anggap remeh menjadi berhasil.

Hidup manusia ni memang berat, banyak liku-liku yang harus dilewati. Hidup ini juga seperti roda terkadang kita diatas terkadang pula kita bisa dibawah. Pada saat kita dibawah kita selalu bermotivasi untuk mencapai tujuan hidup kita, namun hal ini bisa sebaliknya pada waktu kita diatas. Kita terkadang lupa dengan hal lama, motivasi yang kita pegang perlahaan mulai hilang yang pada akhirnya kita bisa jatuh ke dalam jurang kesesatan.

Pada jaman sekarang adalah jaman berat bagi umat anak manusia, kita harus sadar bahwa kita hanya menumpang di dunia ni. Semua adalah fana yang selalu membuat serakah manusia. Didalam mencapai tujuan kita harus selalu tawakal dan ikhtiar kepada Allah, biar bagaimanapun jua sebesar-besarnya motivasi yang kita miliki tidak akan berhasil apabila kita tidak pasrahkan kepada Allah.

Dalam hadist nabi jelas terungkap bahwa kemiskinan itu dekat dengan kekufuran. Hadist tu memang benar, tapi pada jaman sekarang dimanapun posisi kita berada jika kita tidak memegang teguh pendirian dalam hidup kita akan terbengkalai oleh hidup kita.

Sukses yang datang atas ridho Allah akan membimbing orang menjadi idealis, mempunyai prinsip hidup, dan rendah hati. Sering kita jumpai orang-orang yang sukses mau tersenyum ramah kepada kita, hal itu karena mereka berpikir hidup didunia ni hanyalah sementara dan orang sekitar kita yang memberikan senyum merupakan contoh motivasi yang tak kita sadari.

Bayak contoh motivasi yang dimiliki suatu lembaga agar menjadikan lembaganya sukses serta orang yang berada di lembaga tersebut. Seperti :

@. Kopasus : lebih baik pulang nama dari pada gagal dalam tugas

@. Pemadam kebakaran : pantang pulang sebelum padam.

Ada juga motivasi dari daerah tempat kelahiran, seperti :

@. Orang Padang : pantang pulang sebelum berhasil.

Mungkin ni adalah contoh kecil yang sering kita dengar, disetiap hati orang yang termotivasi oleh kata-kata diatas akan selalu menjadi paduan hidup demi kemajuannya kelak.

Jika kita ingin keberhasilan yang sempurna, kita harus meminta resto orang tua karena merekalah yang selalu berdoa siang dan malam agar anaknya berhasil menggapai cita-cita. Terkadang kita menyakitkan hati orang tua tanpa disadari, tapi mereka tidak pernah dendam terhadap kita . mereka selalu meneteskan keringat yang mengucur deras.

Disini ada sepenggal kisah tentang seseorang, sebutlah dia Anto. Anto adalah anak petani biasa yang menggandalkan musim baik agar panenya tepat waktu, setiap hari sepulang sekolah anto membantu orang tuanya di sawah. Dalam hening hati Anto dia selalu berpikir apakah saya bisa membahagiakan orang tua saya nanti. Anto inggin sekali memperbaiki nasib keluarganya, tak lama lagi ia lulus Sma. Anto ingin sekali melanjutkan sekolahnya kemauan ni terus bergejolak dari dalam hatinya. Suatu hari ada program beasiswa bagi siswa yang berprestasi, anto ingin sekali mengikutinya. Akhirnya ia memberanikan diri berbicara kepada orang tuanya, pada saat bercerita tak terasa tetesan air mata jatuh di pipi Anto. Hal ni membuat bangga ayah dan ibunya, mereka akhirnya memberikan doa restu agar anaknya bisa menggapai cita-citanya. Didalam pesan orang tuanya adalah agar anto selalu inggat terhadap Allah karena-Nya lah ni semua dapat terwujud.

Akhirnya anto memulai kuliahnya dengan serius, ia ingin sekali mewujudkan cita-citanya. Perjalan Anto banyak menemui rintangan, namun ia selau ingat terhadap pesan orang tuanya. Maka dari itu anto bisa melewati cobaan yang berat. Tak terasa Anto lulus kuliah, dia langsung dapat kerja karena dia anak yang cerdas maka tidak sulit mencari kerja. Sekarang anto sudah menjadi orang berhasil dan bisa membahagiakan orang tuanya.

Dari sepenggal cerita kita di atas, dapat disimpulakan bahwa disetiap keinginan kita harus diiringi motivasi, mau berusaha, doa orang tua dan yang lebih penting lagi kita pasrahkan semua kepada Allah SWT.

Karena Dia-lah yang memutuskan kita bisa berhasil atau tidak sesuai dengan usaha yang telah kita lakukan.

Semoga hal di atas dapat bermanfaat buat teman-teman yang inggin berhasil dalam meraih cita-cita..

Selamat mencoba dan sukses selalu….

Amin……………..