Musyawarah Organisasi

Di dalam suatu organisasi diperlukan Musyawarah dalam mengambil suatu keputusan. Dalam hal ini terkadang kita tidak dapat dengan mudah didapat hasilnya. Banyak proses yang harus dijalani, agar keputusan yang diambil dapat bermanfaat bagi suatu organisasi tersebut.

Konflik yang sering terjadi merupakan Argument yang diberikan masing-masing anggota yang nantinya bertujuan untuk mengambil jalan terbaik dalam suatu keputusan, namun tidak jarang juga dalam mengeluarkan pendapat mereka harus beradu mulut sampai dengan beradu fisik. Kalo hal ini sampai terjadi, ni sangat mencoreng Asas Bermusyawarah yang baik. Jika dalam bermusyawarah anggota’a sudah tidak harmonis ini akan berdampak pada hasil keputusan yang akan di ambil. keputusan merupakan hasil dari kesimpulan yang dicapai melalui berbagai macam pertimbangan, dimana akan dipilih satu kemungkinan alternatif dari berbagai macam alternatif Keputusan didasarkan pada fakta dan nilai yang telah dikaji sebelumnya oleh para anggota organisasi tersebut.

Maka dalam suatu hasil keputusan dalam organisasi diperlukan Solusi agar hasil yang dicapai dapat disetujui para anggota dan hasilnya dapat berjalan dengan baik, solusi merupakan suatu gagasan yang muncul dalam suatu perdebatan untuk memperoleh hasil. Dimana solusi ini bisa muncul bukan hanya harus dari para anggota, solusi ini bisa saja berasal dari pengalaman dan buku-buku yang berkaitan dengan masalah yang sedang dikaji.

Jika dalam memutuskan suatu hasil yang sudah dimusyawarahkan, dengan melalui perdebatan untuk memperoleh keputusan dengan di dasarkan pada sutu solusi yang didapat. Maka hasil yang didapat pada organisasi tersebut dapat berjalan dengan baik. Dan dapat bermanfaat bagi halayak banyak. Apalagi jika keputusan ni sudah banyak di nanti orang, ni akan menjadi tanggung jawab yang besar bagi suatu organisasi.

Iklan