Proses musyawarah organisasi

Dalam organisasi diperlukan tenggang rasa, pengertian, ketelitian dan kesabaran. Karena di dalam organisasi, banyak sering terjadi perbedaan prinsip antara anggota satu dengan yang lain. Setiap organisasi memiliki prinsip dan Azas masing-masing, namun memiliki proses yang sama dengan organisasi lain seperti dalam mengambil keputusan seperti melakukan Musyawarah dengan melakukan jajak pendapat dan mengeluarkan solusi yang baik.

Di dalam musyawarah itu tidak selalu para anggotanya setuju atas apa hasil yang sedang akan dituju, hal ni terkadang menimbulkan Konflik antar anggota, baik hanya dengan cekcok mulut hingga bentrok fisik. Konflik yang sering terjadi merupakan Argument yang diberikan masing-masing anggota yang nantinya bertujuan untuk mengambil jalan terbaik dalam suatu keputusan, namun tidak jarang juga dalam mengeluarkan pendapat mereka harus beradu mulut sampai dengan beradu fisik. Kalo hal ini sampai terjadi, ni sangat mencoreng Asas Bermusyawarah yang baik. Jika dalam bermusyawarah anggota’a sudah tidak harmonis ini akan berdampak pada hasil keputusan yang akan di ambil. keputusan merupakan hasil dari kesimpulan yang dicapai melalui berbagai macam pertimbangan, dimana akan dipilih satu kemungkinan alternatif dari berbagai macam alternatif Keputusan didasarkan pada fakta dan nilai yang telah dikaji sebelumnya oleh para anggota organisasi tersebut.

Hal ni terjadi karena setiap anggota saling memegang teguh presepsi yang memiliki tanpa memikirkan asas musyawarah mufakat. namun terkadang jika konflik ni tidak terjadi banyak yang berkesimpulan hasil yang diperoleh monoton, karena sudah ditentukan oleh pepimpin rapat tersebut. Negara kita adalah negara yang demokrasi, setiap orang boleh mengeluarkan pendapatnya.

Dalam memperoleh hasil sangat dibutuhkan pikiran yang jernih agar dapat memunculkan ide-ide atau gagasan yang baik. Kesimpulan dari keterangan di atas adalah jika dalam memperoleh keputusan sat organisasi akan terjadi konflik namun hal ni jangan dijadikan momok bahwa setiap musyawarah harus ada keributan, jika dalam konflik ini terus berlanjut. Ketua anggota atau dari luar organisasi yang masih berkaitan harus memberikan solusi yang adil tanpa memihak siapapun. Hal ni akan menjadikan hasil yang baik buat semua orang yang menunggu hasil musywarah itu.

Iklan