1. Pengertian

Bau badan adalah bau yang dihasilkan badan, disebabkan oleh keringat yang terkontaminasi bakteri sehingga terjadi proses pembusukan dan timbulah bau badan.

2. Terjadinya bau badan

Keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apocrine mengandung asam lemak jenuh  dan hanya berbau lemak namun, karena disetiap helai rambut terdapat satu apocrine dan mengandung bakteri yang berperan dalam proses pembusukan, maka menimbulkan bau badan yang tak sedap.

3. Faktor-faktor yang mempengaruhi :
Kebersihan badan

Jika badan kotor akan menimbulkan bakteri penyebab bau badan.

Stress atau emosi

Stress atau emosi dapat mempengaruhi kelenjar apocrine bekerja lebih efektif dan produktif.

Kegemukan

Pada orang gemuk, keringat cenderung terperangkap di antara lipatan-lipatan kulit.

Makanan

Seperti durian, bawang goreng, merokok, minuman keras, dan obat antibiotika. Karena dapat melebarkan pembuluh darah.

Cara mengatasinya
a. Cara umum :

1)      Bedak

Bedak bisa membantu mengurangi bau badan dan menyerap keringat dengan baik. Selain itu bedak tidak memiliki efek samping.

2)      Deodoran

Ada beberapa jenis deodoran seperti deodoran semprot dan roll on. Deodoran mempunyai kandungan yang berbeda, pedoman anti persiran mengandung senyawa aktif seperti alumunium chloride dan alumunium chloride dan alumunium hydroxibromyde yang berfungsi mengurangi produksi kelenjar keringat dengan mempersempit pori-pori kulit.

3)      Obat minum

Sangat tidak dianjurkan banyak efek sampingnya, misalnya bibir menjadi kering karena kandungan propantheline gromida yang ada di obat anti bau badan. Biasanya obat ini untuk mengurangi produksi keringat di seluruh tubuh.

4)      Suntik botox

Berfungsi melumpuhkan kelenjar keringat dengan suntikan. Botox sebaiknya digunakan jika seseorang sudah sangat terganggu oleh produksi keringat yang berlebihan yang menimbulkan bau yang tak sedap.

b. Cara alami :

1)      Daun Sirih (Piper Betle)

Kandungan kimia minyak asiri dalam daun sirih antara lain kadinen, kavikol, sineol, eugenol, karvakol dan zat samak. Adalah zat yang bisa menghilangkan bau badan. Caranya rendam beberapa helai daun sirih dalam air panas. Setelah dingin, airnya diminum.

2)      Daun Kemangi (Ocimun Balisicum)

Zat aktif yang terkandung dalam daun kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik. Untuk mendapatkan manfaatkan daun ini juga digunakan sebagai lalap mentah atau sebagai sayuran urap yang juga mentah.

3)      Rimpang Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)

Zat-zat yang terkandung di dalam temulawak adalah sapomin, flavoinoida dan minyak asiri untuk menghilangkan bau badan. Caranya ialah minum rebusan rimpang temulawak yang telah dipotong-potong halus.

4)      Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia)

Air jeruk nipis dicampur dengan sedikit kapur sirih lalu digosokkan ke bagian tertentu seperti ketiak dipercaya mampu mengusir bau badan yang tidak sedap.

5)      Ketimun/Mentimun (Cucumis Sativus)

Satu buah ketimun muda dikupas kulitnya lalu digosokkan ke bagian badan yang berbau, dilakukan sesudah mandi.

c. Cara yang paling aman dan hemat adalah :

1)      Bersihkan ketiak dengan sabun antiseptik setiap mandi

2)      Setelah mandi keringkan dengan handuk, tisu atau lap kering dan

3)      Bubukan bedan antiseptik

Cara mencegah bau badan antara lain :
Mandi dengan bersih

Selalu bersihkan badan terutama ketiak dengan sabun antiseptik setiap kali mandi.

Ganti pakaian luar dan dalam setiap hari

Bakteri menyukai tempat yang kotor dan lembab, jadi sebisa mungkin kita ganti baju setiap hari. Selain itu mencucinya harus dengan bersih dan mengeringkannya dengan sempurna.

Hindari pakaian yang berbahan sintetis

Jangan memakai baju yang bahannya sintetis, seperti nilon terutama pada waktu cuaca panas. Pilihlah baju yang berbahan katun karena dapat menyerap keringat dengan baik dan menguapkannya lebih cepat.

Jangan menggunakan atau mencampurkan parfum secara berlebihan

Cukur rambut ketiak

Bulu ketiak yang lebat jadi tempat persembunyian bakteri, maka jangan lupa cukur bulu ketiak dua sampai tiga hari sekali. Gunakan krim scrub yang lembut untuk membersihkan ketiak, gosok lembut dengan gerakan memutar, lalu keringkan..

Oleskan deodorant atau bedak anti-BB secukupnya

Setelah ketiak kita sudah bersih dan kering, oleskan deodorant atau bedak anti-BB, tapi jangan terlalu berlebihan. Setelah mandi baluri tubuh dengan talek wangi atau lotion. Setelah itu baru semprotkan parfum, cukup di belakang telinga, nadi pergelangan tangan dan dibalik busana. Usahakan memilih deodorant, parfum, dan lotion yang beraroma sama.

Jaga selalu ketiak agar kering

Jika memungkinkan, pergilah ke toilet setiap kali ketiak basah dan keringkan dengan tisu. Setelah itu oleskan deodorant atau bedak anti-BB. Jangan mengoleskan deodorant saat ketiak masih berkeringat.

Hindari makanan terlalu pedas, bawang putih dan kurangi goreng-gorengan