Kambing Kacang merupakan kambing asli Indonesia. Kambing kacang memiliki ciri-ciri fisik : badan kecil dan pendek, kadang-kadang terdapat gelambir kecil di leher bagian atas. Baik betina maupun jantan kebanyakan bertanduk, telinga berukuran sedang, leher pendek dan tebal, punggung agak melengkung, ekor kecil dan tegak, bulu pada kambing betina pendek sedangkan untuk kambing yang jantan panjang. Warna bulu bervariasi dari hitam, coklat, putih dan kombinasinya, temperamennya gesit, terampil dalam mencari pakan. Kambing kacang merupakan ternak potong dan penghasil daging yang baik.

Kambing kacang / kacangan merupakan kambing lokal berukuran kecil ini tersebar di sebagian besar wilayah pedesaan di Jawa Tengah. Tinggi badannya hanya sekitar 46 cm (betina) dan 50 cm (jantan). Sedangkan bobot badan sekitar 12-15 kg.

Meski bertubuh kecil, kambing kacang memiliki beberapa keunggulan. Antara lain, bersifat lebih prolifik atau reden ketimbang peranakan etawa. Jumlah anak bisa mencapai dua ekor atau lebih. Selain itu, persentase karkas (daging berbanding tulang) juga lebih tinggi.

Iklan