Sepenggal cerita tentang Pit bull

Suatu hari di hutan Delluca, Queensland, Australia. Seekor pit bull berumur 3 bulan berlari kencang mengejar mangsanya, babi hutan. Saat jaraknya sudah dekat, dengan cepat pit bull itu melompat, menerkam leher babi. Dalam tempo beberapa menit, babi berbobot 35 kg itu pun mati.

Pantas saja buruan itu tak berkutik. Gigitan anjing yang dapat mencapai tinggi 56 cm itu, 3 kali lebih mematikan daripada rottweiler. Menurut Tony Yusuf, penangkar di Jakarta Barat, pit bull tak mengenal rasa takut. ‘Ia juga mampu menahan sakit,’ ujar Tony. Selain itu, anjing asal Amerika itu bertemperamen keras dan ogah mengalah. Keistimewaan itu yang mendorong ia terpilih sebagai anjing pemburu dan petarung sejak 1800.

Nun di Ontario, Kanada, pit bull yang garang itu menjadi dewa penyelamat. Norton, pit bull berumur 5 tahun itu berlari ke kamar mandi saat mengetahui Anne Matthew, tuannya, jatuh tergigit laba-laba beracun. Norton berlari menghampiri Barrie-suami Anne-yang tertidur. Lalu membangunkan untuk bersama-sama menolong Annie. ‘Di balik kegarangannya pit bull juga memiliki sifat penolong,’ kata Tony.

Pagar tinggi
Di Indonesia, sejumlah rumah mewah mempercayakan keamanannya pada pit bull. Rumah-rumah walet yang sudah berproduksi pun ada yang dijaga pit bull. Nama anjing asal Amerika itu memang akrab di telinga lantaran keberaniannya. Toh, kolektor pit bull terbanyak bukan ada di Jakarta atau kota besar lain, tapi di Yogyakarta. Sebuah bangunan bercat putih di lingkungan Tegalrejo menyimpan 40 jantan dan betina pit bull. Itu yang Trubus saksikan di Yehuda Kennel.

Kennel yang berdiri sejak 2003 itu berpagar hijau setinggi 4 m. ‘Jarak garasi ke pagar sekitar 5 m. Kalau pagar hanya setinggi 1,5 m, anjing gampang melompat,’ ujar Alexander, pemilik kennel itu. Permukaan pagar harus lurus dan datar untuk mencegah anggota keluarga mastiff itu memanjat. ‘Telapak kaki pit bull dapat mencengkeram kuat pada setiap pegangan,’ tambahnya.

Berjarak 1 m dari garasi tampak 35 kandang masing-masing berukuran 2 m x 2 m di halaman belakang. Di tengah halaman, juga ada kandang bersekat besi berukuran 3 m x 3 m. Di sana tinggal 3 jantan berumur 4-5 bulan. Dipisahkan jarak 1 m, terdapat 2 kandang lain yang ditempati betina remaja. Nantinya jantan dan betina itu ditangkarkan. Jantan mininal berumur 18 bulan dan betina 14 bulan. Sekali melahirkan, betina menghasilkan 3-12 anak.

Tak hanya garasi dan halaman belakang yang menjadi rumah pit bull. Alex juga menyulap bangunan utama menjadi tempat menyapih anak pit bull. Setiap anak divaksinasi saat berumur 6 minggu. Alex juga melepas seekor pit bull jantan dalam rumah. ‘Pit bull bisa menjadi klangenan yang penurut dan tidak akan mengganggu anak,’ kata alumnus Fakultas Teknik Sipil Universitas Atma Jaya di Yogyakarta itu.

Sosialisasi
Perlu latihan sejak kecil untuk mencetak pit bull menjadi klangenan. Anakan pit bull harus berasal dari indukan yang tidak pernah mendapat latihan sebagai anjing aduan. Setiap pagi dan sore hari anjing dibawa berkeliling di dalam dan ke luar rumah. Tujuannya agar ia mudah beradaptasi.

‘Hindari anjing lain supaya nafsu menyerangnya tidak keluar,’ ungkap Alex. Selain itu, pit bull dapat diajari beragam kepatuhan seperti melatih trah lain.

Agar tidak bosan, pit bull sesekali diajak mengitari lapangan seluas 2.000-3.000 m2. Kalau bisa beralas rumput. Rumput berguna untuk merelaksasi kaki pit bull yang selama dipelihara berada dalam kandang besi. Latihan berlari dapat dikombinasi memakai tredmill, berguna melatih kecepatan dan kekuatan otot kaki.

Kekuatan leher dan gigi dapat dilatih memanfaatkan ban kendaraan. Caranya, menggantungkan ban ke atas tiang dan perintahkan sang anjing untuk menggigit. Rahang pit bull bertambah kuat dengan menu dengkul tulang sapi. Dalam tempo 6 bulan setelah berlatih pit bull menjelma menjadi klangenan sekaligus penjaga rumah yang baik.

Kandang bersih
Penampilan pit bull prima dengan pemberian pakan. Selain menyusu, anak pit bull dapat diberi formula bayi. Tiga sampai empat bulan setelah lepas sapih, pit bull diberi dog food yang terlebih dahulu direndam air hangat. Tujuannya agar pakan mudah dikunyah. Sebulan kemudian, pit bull remaja dapat diberi dog food berkualitas super yang dicampur minyak ikan dan multivitamin, pagi dan sore hari. Pakan serupa diterapkan pada pit bull dewasa.

Kebersihan kandang perlu diperhatikan agar daya tahan anjing tetap prima. Sisa pakan yang tidak dibersihkan sering membuat tikus datang. Itulah yang membuat anjing terserang leptospirosis. ‘Kalau kena, nafsu makan berkurang dan mata sayu. Ciri lain, kotoran berubah kehitaman dan berlendir. Karena itu, selain sisa pakan dibersihkan, kandang perlu rutin disabuni setiap hari dan disemprot diisinfektan sebulan sekali. ‘Anjing juga perlu dimandikan seminggu sekali.