Anjing gemuk memang terlihat lucu dan menggemaskan, selain itu juga kadang dianggap wujud kasih sayang dari pemilik (makanan/ snack yang banyak). Bahkan akhir-akhir ini bisa mendapat piala dan hadiah karena menang kontes anjing tergemuk. Tapi dibalik itu semua, kegemukan pada anjing adalah awal dari bahaya untuk anjing itu sendiri dan juga pemiliknya.

Anjing yang kegemukan akan malas bergerak karena berat badannya yang membebani sehingga ia akan kurang semangat, kegemukan pastilah karena menyimpan lemak yang melimpah maka lemak tersebut akan menjepit pembuluh darah yang ada dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mematikan.

Penyakit paling banyak yang menyerang adalah jantung dimana pembuluh yang terjepit sulit menyalurkan oksigen dan darah ke jantung atau karena tingkat kolesterol jahat yang meningkat. Selain itu masih banyak penyakit yang timbul seperti gangguan metabolik, stroke atau bahkan kanker dan juga kaki bengkok (karena menahan berat).

Penyebab kegemukan pada anjing disebabkan faktor-faktor berikut:

1. Anjing jarang atau bahkan tidak pernah diajak olah raga.

2. Makanan yang diberikan memiliki karbohidrat dan protein yang berlebihan.

3. Pemberian snack yang berlebihan.

4. Kebiasaan pemilik membagi makanannya ke anjing saat sedang makan.

5. Anjing di kandang terus sehingga tidak ada ruang gerak yang luas untuknya bergerak (Ingat, berjalan saja sudah membakar sejumlah kecil kalori).

Kenapa berbahaya juga bagi pemilik, ini jawabannya:

1. Kemungkinan kehilangan si anjing karena penyakit akibat kegemukan akan sangat besar.

2. Pengeluaran biaya yang besar untuk pengobatan penyakit tesebut.

3. Akan menguras waktu dan tenaga pemilik untuk merawat dan mengobatinya.