Jalan raya memiliki kualitas yang bervariasi. Ada yang halus dan mulus, ada yang bergelombang, bahkan berlubang-lubang. Jika kondisi cerah hal yang dihadapi tidak terlalu berat bagi pengendara sepeda motor.

Namun sebaliknya jika sudah memasuki musim hujan perlu adanya perhatian terhadap sepeda motor, hal ini untuk lebih melindungi pengendara dari kecelakaan. Berikut ini tips untuk menghadapi kondisi jalan yang beragam saat musim hujan:

1. Kurangi kecepatan Anda karena jalan licin dan jarak pandang menjadi berkurang

2. Gunakan jas hujan. Sebaiknya jangan gunakan jas hujan model ponco. Gunakan yang model baju dan celana

3. Buka kaca helm agar pandangan menjadi lebih jelas

4. Jangan berjalan di arah pinggir, apalagi jika jalan tergenang air.

5. Jangan paksakan untuk melanjutkan perjalanan apabila genangan air cukup tinggi. Bisa-bisa motor anda mati di tengah jalan

6. Nyalakan lampu

7. Biar lebih aman, lebih baik tunggu hingga hujan berhenti atau meneduh di tempat yang aman.

8. Saat melewati genangan air, usahakan untuk mengurangi kecepatan karena genangan air membuat traksi ban berkurang. Jika kondisi lalu lintas disekitarnya memungkinkan, usahakan untuk menghindarinya karena kita tidak tahu sedalam apa genangan air tersebut.

9. Saat melewati polisi tidur, kurangi kecepatan dan lewati secara tegak lurus.

10. Jalan yang basah membuat jarak pengereman menjadi lebih jauh. Jaga jarak lebih panjang agar terhindar dari tabrak belakang. Saat berbelok juga harus dalam kecepatan yang lebih rendah daripada saat kita melewati dalam kondisi kering.