Motor Berfairing alias memiliki tudung yang menutupi bagain mesin secara keseluruhan memang lebih digemari ketibang motor naked aka telanjang dimana mesin motor terlihat. Tetapi dibalik semua itu ada plus minus tersendiri bagi motor berfairing dibanding motor naked. Berikut ulasanya

* (+) Terkesan sporty

Iyalah, karena balap jalan aspal alias road racer paling terkenal seperti MotoGP, WSBK hingga level Kejurnas Supersport-Superbike menggunakan motor berfairing. Jadi tidak ada jalan lain bagi mereka penggemar motor sport bila ingin meniru gaya sporty paling pas ya memilih motor berfairing

* (+) Mesin Terlindungi

Mungkin bagi sebagian kalangan fairing motor dianggap sebagai pemanis semata. Tetapi fungsi fairing meskipun untuk penggunaan harian juga berguna melindungi mesin dari kerusakan. Terutama pada bagian radiator yang amat rawan bila terkena benturan.

* (+) Menambah kesetabilan dan membantu pendinginan mesin

Fairing tak ubahnya sayap pada mobil F1. Fairing berfungsi mengalirkan udara ke mesin dan radiator untuk pendinginan, sekaligus unsur desain aerodinamis juga berfungsi membelah angin untuk menambah kesetabilan dan downforce

* (+) Membuat motor terkesan lebih besar

Mesin pada motor tanpa radiator ataupun berkonfigurasi baik inline 2 silinder ataupun 1 silinder membuat mesin terlihat kecil dan kopong. Dengan adanya fairing motor akan terlihat lebih kekar dan lebar.

* ( – ) Bagian dalam mesin sulit dibersihkan

Yah seperti layaknya baju jacket. Untuk membersihkan bagian dalam motor, fairing perlu dilepas dan konon prosesnya tidak mudah dan jika tidak benar bisa membuat lecet fairing tersebut.

* ( – ) 75% penampilan motor ada di fairing

Fairing memang menambah yahud penampilan motor, tetapi jika fairing tersebut lecet atau kotor penampilan motor langsung terlihat kurang sedap dipandang. Yah itu dia, fairing memang bak pisau bermata dua.

* ( – ) Menyulitkan manufer dan berpengaruh pada grown clearence

Apex fairing berada begitu rendah. Akibatnya grown clearence motor begitu rendah. Jalan berbatu ataupun polisi tidur menjadi resiko sekaligus musuh besar bagi pengguna motor berfairing.

sumber indobiker