Jika anda dalam perjalanan mulai merasakan gejala-gejala seperti pusing dan mual saat berkendara, itu tandanya anda mulai terserang dehidrasi, dan segeralah menepi, minum, berteduh dan beristirahat.

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk tetap menjaga tempratur tubuh bila mana anda harus berkendara motor dibawah teriknya sinar matahari dan kondisi yang terasa panas menyiksa:

1. Minumlah secara teratur, minimal setiap dua jam sekali. Kalau anda berpikir berhenti setiap dua jam merepotkan, anda bisa menggunakan kontainer penyimpan air minum seperti Camel Bak, yaitu tas dengan selang air yang bisa anda pergunakan untuk menyedot air kapanpun anda merasa haus atau kepanasan.

2. Pergunakan jaket yang berpori, dimana keringat yang membasahi baju bisa segera mengalami proses penguapan. Proses penguapan akan menjadikan tubuh atau pakaian dalam anda dingin dan secara langsung menyegarkan serta menurunkan suhu tubuh. Beberapa artikel mengatakan bahwa jika pakaian anda basah didalam jaket anda, hal itu lebih baik karena baju yang basah akan membantu suhu anda stabil dan tidak panas.

3. Jika anda menggunakan balaclava, anda bisa membasahkan balaclava, usahakan bagian yang menutup hidung tidak basah karena bila basah akan menyulitkan anda benafas.

4. Pergunakan kain syal atau handuk kecil yang basah dililitkan pada leher, dengan demikian akan membasahi leher dan juga secara tidak langsung mendinginkan nadi-nadi pada leher tempat darah supply ke otak. [dari berbagai sumber]

Iklan