Mungkin untuk sekarang ini hal itu hanya sebagai angan-angan saja, tapi itu bisa dijadikan kenyataan. Bayangkan saja jika indonesia bersih dari korupsi, pasti tak ada rakyat yang kelaparan, tinggal di bantaran kali dan anak putus sekolah. Pada dasarnya Indonesia negara yang sangat amat kaya dan hasil bumi yang berlimpah. Indonesia bisa dijadikan negara terkaya di dunia bahkan bisa mengalahkan Amerika, Jepang dan Cina. Kenapa begitu ?? karena banyak orang dari negara tersebut mengincar negara Indonesia, mereka paham sekali jika mereka memiliki Indonesia, mereka akan menjadi superpower di dunia.

Tapi kenapa Indonesia masih banyak rakyat miskin, yang bingung akan makan apa untuk hari esok. Korupsi !! satu kata yang mengandung banyak kerugian bagi seluruh rakyat, semakin hari semakin banyak orang pintar bermunculan, namun semakin banyak juga yang mempunyai otak yang kotor dan ingin kaya lebih cepat. Korupsi adalah pilihan mereka, mereka tidak perlu memikirkan nasib rakyat dibawah mereka. Korupsi memang masalah utama melebihi bencana apapun, karena kalau bencana datangnya hanya di satu daerah tertentu dan setelah selesai bencana beberapa tahun kemudian bisa mulai dibangun lagi. Tapi kalau korupsi, akibatnya bisa lama dan banyak menyengsarakan rakyat. Bahkan sekarang indonesia terdapat di urutan ke 5 negara terkorup di dunia. Bayangkan, betapa malunya indonesia seperti itu ? angaran yang setiap tahun dinaikan, setiap tahun itulah korupsi di anggaran meningkat. Sudah menjadi rahasia umum, kalau sisa angaran suatu department atau kementrian sering membagikan sisa anggaran untuk para karyawan, karena kalau anggaran itu tidak habis mereka tidak diberikan jatah lebih dari RAPBN (Rancangan Anggaran Belanja negara).

Masih banyak lagi hal-hal yang bisa kita rasakan bila Indonesia bebas korupsi, pasti kita lebih dihargain negara lain. Kita bisa lebih memperkuat angkatan bersenjata, bisa membuka banyak lapangan kerja baru. Sehingga tidak perlu rakyat Indonesia mengemis di Negri orang sampai di aniaya hingga mati, tapi semua itu tidak seperti membalikan telapak tangan. Hal ini bisa berjalan jika ada kesadaraan dari dalam diri masing-masing agar lebih menghargai dan mencintai umat sesama. Saya percaya suatu hari nanti bangsa Indonesia akan menjadi negara besar dan disegani oleh negara-negara besar.