Selama ini otak hanya digunakan untuk berpikir saja yang tanpa kita sadari, kinerja otak kita bisa menurun terus. perlu adanya perawatan otak seperti senam otak,mengapa ?? ya,, senam otak berfungsi agar kinerja otak kita semakin baik jika kita gunakan untuk berpikir. Senam Otak dapat kita lakukakn bersamaan dengan cara sebagai berikut :
Berdasarkan hasil sebuah penelitian, baru 20 persen dari total kemampuan otak yang digunakan manusia. Banyak hal yang membuat bias bekerja lebih optimal. Antara lain dengan melatih otak, seperti dengan membaca buku, mengisi teka-teki,mekakukanaktivitas-aktivitas baru, atau melawati rute-rute perjalanan yang berbeda. Cara lain meningkatkan kemampuan otak adalah dengan melakukan senam otak (brain gym).

Paul E. Dennison, Ph.D mengembangkan educational kinesiology (Edu-K) guna meningkatkan pengalaman belajar dengan keseluruhan otak. Metode ini melatih seluruh otak bekerja dengan cara melekukan gerakan pembaruan pola (repatteing) dan aktivitas brain gym.Metode Edu-K memungkinkan orang menguasai bagian otak yang semula belum ia kuasai, dan membuka bagian-bagian otak yang sebelumnya tertutup atau terhambat.

Senam otak dilakukan melalui tiga dimensi, yakni lateralitas komunikasi, pemokusan pemahaman, dan pemusatan pengaturan. Lateralitas komunikasi (dimensi kiri-kanan) bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan belajar.Gerakanya menyangkut mendengar, melihat, menulis, bergerak, dan sikap positif.Gerakan-gerakan itu menyerap kemampuan komunikasi yang lebih cepat.

Gerakan dan aktivitas metoda sangat mudah dan menyenangkan sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja dari beragam latar belakang usia, termasuk anak-anak. Salah satu gerakan metoda Edu-K yang menarik adalah gerakan “menyeberangi garis tengah”.Gerakan ini melatih seluruh sisi kanan dan kiri,baik otak, mata, telinga dan anggota-anggota tubuh, untuk bekerja sama dengan baik.

Otak terbagi atas belahan kanan dan belahan kiri. Otak kanan berperan penting dalam kemampuan intutif, berpikir kreatif, seni, merasakan, melihat gambaran besar atau holistic, ekspresi tubuh, menyatukan kata-kata.Sedangkan otak belahan kiri berperan penting dalam sisi rasional, logika,kemampuan berbahasa dan penggunaan kata, menganalisa, berbicara, melihat hal-hal rinci atau detail, pengulangan dan latihan, dan orientasi waktu.

Otak mengatur tubuh dengan kerja silang. Belahan kanan mengatur bagian kiri tubuh, belahan kiri mengatur bagian kanan tubuh. Gerakan “meyeberangi garis tengah” membantu kita menggunakan kedua belahan otak secara bersamaan dan harmonis.

Contohnya dengan melakukan gerakan silang dengan musik. Gerakan tangan kanan bersamaan dengan kaki kiri, dan juga sebaliknya. Lakukan sambil jalan ditempat, melangkah ke depan, ke samping atau ke belakang. Gerakan ini juga banyak dilakukan dalam tarian, dansa dan aerobik. Agar gerakan “menyeberangi garis tengah” terjadi, sebaiknya tangan menyentuh lutut yang berlawanan. Bila kedua belahan otak bekerja sama, maka kita akan marasa terbuka untuk mempelajari hal-hal baru.

Untuk meningkatkan daya ingat, buatlah angka 8 horisontal imajiner (seperti lambang infinity atau keabadian) dengan tangan sebanyak tiga kali,lalu ganti dengan tangan satunya juga tiga kali. Kemudian lakukan lagi dengan kedua tangan bersamaan. Awalnya memang canggung, namun dalam waktu singkat anda akan lancar melakukannya.

Pada anak-anak yang kurang dapat berkonsentrasi, latihan senam otak Edu-K membantu agar dapat belajar lebih baik, membuka potensi seni, dan meningkatkan daya tahan dalam membaca. Lansia pun dapat berhitung lebih cepat. Namun,satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah melakukan aktivitas ini dengan paksaan. Lakukanlah dalam batas kemampuan dan raskan manfaatnya.
Coba saja. mudah-mudahan berguna bagi anda..