1. PENDAHULUAN

1.1  . Latar Belakang Masalah

 

Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat khususnya di bidang teknologi informasi. Hal ini membuat kita bisa memperoleh dan mengakses informasi menjadi lebih mudah dalam kehidupan kita sehari-hari, misalnya penggunaan komputer sebagai media untuk mendapatkan informasi selain itu komputer sebagai media untuk mendapatkan informasi. komputer yang sekarang ini tidak hanya untuk melakukan pekerjaan yang bersifat terbatas, seperti mengerjakan tugas kantor atau mengerjakan tugas sekolah, tetapi juga dapat digunakan untuk mendapatkan informasi yang luas dan berwawasan.

Dengan semakin berkembangnya jaman dan teknologi yang ada maka informasi terbaru sangat dibutuhkan, begitu juga dengan informasi manfaat tumbuhan herbal. Penggunaan Tumbuhan Herbal di Indonesia sebenarnya sudah dimulai dari jaman nenek moyang. Namun, penggunaannya di tengah masyarakat dimulai saat jaman penjajahan Belanda. Sumber tumbuhan herbal dimanfaatkan sebagai ramuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, sayangnya apresiasi masyarakat terhadap tumbuhan herbal masih belum seperti yang diharapkan.

Dengan keanekaragaman tumbuhan berkhasihat obat yang ada, terdapat beberapa tumbuhan yang mempunyai nama sama walaupun jenisnya berbeda. Hal tersebut dikerenakan beberapa tumbuhan belum teridentifikasi secara lengkap dan belum banyak ragam yang diketahui masyarakat.untuk itu perlu dikenalkan jenis-jenis tumbuhan herbal berikut cara pemakaiannya supaya dapat digunakan sebagai bagian dari sistem pengobatan yang murah dan aman. Selain itu, tumbuhan herbal merupakan potensi kekayaan yang perlu dilindungi karena dapat dimanfaatkan sebagaian pendukung dari perekonomian rakyat Indonesia.oleh karena itu jenis-jenis tumbuhan herbal dan penggunaanya harus dilestarikan oleh generasi penerusnya. Indonesia yang beriklim tropis menyebabkan tanahnya subur sehingga banyak jenis tumbuhan yang dapat tumbuh.diantara berbagai jenis tersebut beberapa jenis tumbuhan memiliki khasihat obat,namun,sebagian besar dari tumbuhan herbal itu tidak diketahui oleh munusia sehingga tidak pernah terawat dengan baik. Hal tersebut menyebabkan manusia semakin tidak mengenal jenis-jenis tumbuhan herbal dan akhirnya tumbuhan herbal berkesan sebagai tanaman liar yang keberadaaannya sering dianggap menggagu keindahan atau mengganggu kehidupan tumbuhan lainnya.

Secara umum, kegunaan tumbuhan herbal sebenarnya disebabkan oleh kandungan kimia yang dimiliki. Namun, tidak seluruh kandungan kimia diketahui secara lengkap karena pemeriksaan bahan kimia dari satu tamanan memerlukan biaya yang mahal. Meskipun tidak diketahui secara rinci, tetapi pendekatan secara farmakologi berhasil menghasilkan informasi dari kegunan tumbuhan herbal.tumbuhan yang menggandung ratusan bahkan mungkin ribuan bahan-bahan kimia akan berinteraksi didalam tubuh melalui berbagai cara dan kondisinya. Dalam kondisi tertentu, tumbuhan obat menyebabkan efek samping. oleh karena itu,pengobatan dilakukan dengan jumlah yang sesuai dan sebaiknya tumbuhan obat tidak dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu,tumbuhan herbal harus dalam keadaan bersih dan steril sebelum digunakan.

Sehubungan dengan adanya Penulisan Ilmiah ini, penulis mencoba membuat “Aplikasi media pembelajaran tentang  manfaat tumbuhan herbal dengan menggunakan Macromedia Flash 8.0”.

 

 

 

 

1.2 Batasan Masalah

Masalah yang akan dibahas pada penulisan ini adalah tentang pembuatan media pembelajaran. Dalam hal ini penulis membangun aplikasi mengenai “Tumbuhan Herbal”, aplikasi yang menerangkan tentang informasi 25 jenis tanaman herbal serta manfaat tanaman itu sendiri, perangkat lunak yang digunakan untuk membuat aplikasi ini adalah Macromedia Flash 8.

1.3 Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan ilmiah ini adalah untuk mengembangkan program mengenai Tumbuhan Herbal yang diharapkan dengan dapat  menjadi media alternatif  yang berguna bagi kesehatan masyarakat pada umumnya.

1.4 Metode Penelitian

Program yang dikembangkan pada penulisan ilmiah ini, melalui tahapan berikut:

  1. Melakukan pencarian materi Tumbuhan Herbal.
  2. Merancang navigasi.
  3. Implementasi materi dengan flash.
  4. Uji coba terhadap aplikasi e-learning.
  5. Publikasi.

Perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan yaitu adalah

Hardware :

  1. Processor         : Intel(R) Core(TM)2 Duo CPU T2310
  2. Harddisk         : 120 GB
  3. Memory           : 2,5 GB
  4. DVD               : DV-RW
  5. Monitor           : 13.1 inch
  6. Mouse Optical
  7. Keyboard

Software   :

  1. Windows 7 Ultimate  (6.1, Build 7600)
  2. Macromedia Flash 8
  3. Adobe Photoshop CS3

1.5 Sistematika Penulisan

Penulisan ini terdiri dari beberapa bagian penulisan.

Bab 1 mengenai pendahuluan yang meliputi latar belakang masalah, batasan masalah,tujuan penulisan dan sistematika penulisan.

Bab 2 mengenai landasan teori yang memberikan gambaran secara umum mengenai dasar program apikasi Macromedia Flash 8. Beserta Actionscript, penjajakan (navigasi) dan tool-tool tambahan.

Bab 3 mengenai analisa dan pembahasan masalah yang berisikan uraian tentang aplikasi tentang manfaat tumbuhan herbal dengan mengunakan program Aplikasi Macromedia Flash 8.

Bab 4 mengenai penutup yang berisikan kesimpulan dari hasil penulisan dan saran-saran untuk  menyempurnakan dan pengembangan lebih lanjut.